Friday, June 13, 2008

Belajar Afdruk/Film Sablon

Langkah pertama yang kita lakukan dalam belajar mengafdruk/membuat film sablon yaitu membersihkan screen. Setelah bersih dan kering oleskan obat afdruk (misalnya : Ulano 133) dengan merata keseluruh bagian screen, kemudian keringkan menggunakan hairdryer kira kira 1 menit. Setelah itu tempelkan desainnya (dalam bentuk print laser dikertas kalkir atau bila menggunakan kertas HVS pada bagian belakang dioles dengan minyak goreng dulu) kemudian tutup menggunakan kaca tebal 5 mm. Pada bagian sebaliknya(bawahnya) diberi busa seukuran screen dan tutup menggunakan triplek kayu. Jemur dibawah sinar matahari lebih kurang 5 menit, setelah itu guyur dengan air. Semprot menggunakan spray berisi air sampai benar benar berlubang, guyur lagi dengan air. Dan jemur hingga kering.

Tips :
1. Gunakan printer laser atau fotocopy laser untuk hasil afdruk yang maksimal.
2. Jangan terlalu lama menjemur dibawah sinar matahari karena bila terlalu lama akan terlalu keras dan tidak bisa berlubang bila disemprot.

Catatan :
Sablon spanduk tidak perlu mengafdruk bila hanya dalam bentuk tulisan, kita menggunakan kertas dengan teknik cuter. Hal ini dilakukan supaya biaya operasionalnya tidak mahal.

No comments: